Profesi bergengsi di dunia penerbangan tidak hanya dimiliki oleh Pilot & Flight Attendant saja namun ada bermacam-macam profesi di dunia penerbangan yang ternyata sangat menjanjikan jika ditekuni. Mendengar seseorang berkarir di bandara atau maskapai pasti yang langsung terpikirkan adalah sebagai pilot, pramugari atau pramugara. Padahal masih ada beberapa profesi lain yang tidak kalah bagus karirnya dalam bertugas membantu kelancaran operasional suatu bandara atau maskapai penerbangan. Dunia penerbangan sesungguhnya memang menawarkan berbagai macam profesi yang menggiurkan dengan penghasilan yang termasuk di atas rata-rata. Tapi tentu saja semuanya sebanding dengan resiko pekerjaan serta biaya pendidikan yang harus ditanggung supaya bisa berkarir di dunia penerbangan.

Bekerja di bandara dengan mengemban tugas yang vital untuk mendukung kelancaran operasional memang menjadi suatu hal yang membanggakan serta memiliki kelebihan sendiri. Banyak perusahaan yang bersedia membayar tinggi tenaga dan keahlian yang dimiliki seseorang yang berkecimpung di dunia penerbangan. Selain gaji dan berbagai tunjangan, para staf sebuah maskapai atau Airlines biasanya akan mendapatkan harga khusus untuk tiket penerbangan. Dunia penerbangan membutuhkan banyak pekerja untuk posisi yang beragam namun berikut ini adalah profesi bergengsi di dunia penerbangan tentunya dengan jenjang karir yang menjanjikan.

profesi bergengsi di dunia penerbangan sebagai pilot

Pilot
Profesi ini adalah impian setiap orang namun tidak sembarang orang bisa menjalaninya. Pilot adalah orang yang bertugas untuk menerbangkan pesawat dan keahlian ini sangat sulit diperoleh. Seorang pilot akan menempuh pendidikan di sekolah penerbangan dan harus mengikuti rangkaian tes dari sekolah dan otoritas penerbangan. Konon biayanya pun cukup mahal. Setelah dinyatakan lulus akan mendapat sertifikasi terbang dan akan mulai mengumpulkan jam terbang untuk karir selanjutnya.

Flight Attendant atau Pramugari/Pramugara
Pramugari/Pramuga adalah mereka yang bertugas mendampingi penumpang selama perjalanan dari segi keamanan dan kenyamanan penumpang. Profesi ini juga diincar banyak orang namun tetap ada syarat yang tidak semua orang bisa memenuhinya karena selain harus pintar juga harus bisa bahasa asing dan memiliki fisik yang bagus atau menarik.

Juru Parkir Pesawat atau Marshaller
Marshaller adalah orang yang memberikan komando kepada pilot untuk memakirkan pesawatnya ketika telah mendarat dan memasuki landasan parkir (apron). Menjadi Marshaller juga tidak mudah karena tetap membutuhkan pendidikan khusus. Juga ada tes tulis dan tes fisik untuk mendapatkan aircraft marshalling licesce yang dikeluarkan otoritas penerbangan sipil di Indonesia. Ijin sebagai pemandu parkir peawat ini pun hanya berlaku selama dua tahun dan harus terus diperpanjang.

Teknisi Avionik
Avionics Technicians atau teknisi avionic melakukan perawatan dan perbaikan pada pesawat terbang, helikopter dan pesawat ruang angkasa. Jika mekanik pesawat fokus pada komponen fisik dari mesin terbang, teknisi avionik memperbaiki sistem elektronik yang kompleks.

Pilot Darat atau Flight Operations Officer
Pilot Darat adalah seseorang yang bertugas sebagai operasi kontrol penerbangan, yaitu Flight Dispatch, Operation Controller dan Flight Following. Tugas itu dimulai dari persiapan sebelum penerbangan seperti menghitung performance pesawat, menghitung keseimbangan pesawat (Central of Grafity) dan mendapatkan pembakaran bahan bakar (fuel) paling ekonomis, menganalisis cuaca di bandara keberangkatan, dan kedatangan yang distandarkan oleh badan berwenang, menganalisis Notice to Airman (NOTAM) untuk memastikan kondisi seluruh bandara dalam sepanjang rute penerbangan (en-route), hingga pesawat tiba di tujuan.

macam-macam profesi di dunia penerbangan

Pemandu Lalu Lintas Udara atau Air Traffic Controller
ATC ini bisa dikatakan sebagai polisi lalu lintas di udara. ATC berwenang mengatur lalu lintas dari pesawat terbang untuk mencegah agar pesawat satu dengan yang lain tidak terlalu dekat guna mencegah terjadinya tabrakan di udara dan sebagainya. Petugas ATC memperhatikan pergerakan pesawat dengan menggunakan radar, lalu akan memberikan informasi atau instruksi kepada pilot melalui komunikasi suara maupun data keadaan lalu lintas udara. Untuk menjadi petugas ATC, seseorang harus mengikuti pendidikan khusus di lembaga yang ada di bawah naungan kementerian perhubungan, misalnya Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang.

Aircraft Maintenance Engineer atau Teknisi Pesawat
Profesi ini bertanggung jawab untuk kelayakan terbang suatu pesawat. AME adalah satu-satunya petugas yang berwenang menyatakan apakah pesawat tersebut telah siap dan bisa diterbangkan. Apabila terjadi kerusakan atau permasalahan di tubuh atau mesin pesawat, maka seorang AME lah yang bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan tersebut. Seorang AME bekerja berdasarkan dokumen resmi dan akan mencatat semua hal yang ada di pesawat di aircraft maintenance log book. Bahkan seorang pilot dan petinggi airlines pun harus patuh pada AME bila ternyata pesawat yang akan dibawanya dinyatakan tidak layak terbang.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar