Apakah kamu memiliki hobi traveling? Ternyata ada cara menghasilkan uang dari hobi traveling itu. Terlepas dari kata orang-orang bahwa travelling itu ribet, cuma buang-buang tenaga, waktu, hingga harus menyiapkan budget ekstra asalkan kamu suka dan ingin menjadikannya hobi, tidaklah menjadi masalah dan justru merupakan hal yang positif untuk dilakukan bahkan bisa menguntungkan asalkan kamu tahu caranya. Sebenarnya tidak semua perjalanan traveling itu membutuhkan banyak biaya. Supaya lebih hemat misalnya bisa saja kamu traveling dengan gaya backpacker yang tidak terlalu memprioritaskan akomodasi dan transportasi berkelas. Jadi budget liburan kamu bisa ditekan sehingga bisa digunakan untuk mengunjungi lebih banyak daerah wisata menarik lainnya di Indonesia bahkan di dunia. Ingin hobi traveling kamu menguntungkan? Simak 7 cara menghasilkan uang dari hobi traveling berikut ini.

1. Travel Blogger atau Writer

Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Traveling sebagai Travel Blogger

Nah, profesi ini cocok banget buat kamu yang suka menulis dan hobi travelling. Kamu bisa mencoba untuk menekuni dan membuat komitmen untuk bersungguh-sungguh menulis tentang tempat wisata yang sudah kamu kunjungi. Kamu dituntut untuk menggunakan gaya bahasa dan kata-kata yang menarik untuk membuat para pembaca tertarik membaca blogmu sehingga lama kelamaan blog kamu dikunjungi semakin banyak orang. Lalu, darimana uangnya datang? Semakin ramai yang membaca blogmu, kamu tentunya bisa mendapatkan tawaran iklan dari instansi tertentu. Dari sini lah kamu pastinya akan mendapat bayaran.

2. Travel Vlogger

travel vlogger untuk menghasilkan uang dari traveling

Selain blogger ada juga profesi sebagai vlogger yang kini semakin banyak bermunculan. Konsepnya sama dengan blogger hanya beda di format saja. Jika blogger formatnya dalam bentuk tulisan maka vlogger dalam bentuk audio visual. Travel blogger harus bisa terampil berbicara di depan kamera dan bercerita tentang destinasi suatu tempat wisata yang dikunjungi. Jika cara kamu bercerita unik, lucu dan bisa menghibur bukan tidak mungkin akan ada ratusan, ribuan bahkan jutaan akun yang akan subscribe video vlog kamu dan dari sini kamu sudah bisa mulai mendapatkan pemasukan.

3. Travel Photographer

profesi travel fotografer untuk hobi traveling

Profesi fotografer ini pas banget bagi kamu yang menyukai fotografi dan travelling. Cobalah untuk menjadi travel fotografer. Selagi kamu bertravelling, kamu bisa memotret gambar dari obyek wisata yang kamu kunjungi dan menghasilkan gambar yang indah dan menarik. Kamu bisa  memulai dari hal kecil seperti sering posting foto di instagram yang akan menarik perhatian followers untuk mengikuti akun instagrammu. Jika kualitas foto kamu semakin bagus, pasti banyak individu atau pebisnis yang mengajak bekerja sama dan tentunya tidak gratis. Bahkan dari jumlah followersmu saja, kamu sudah bisa mendapatkan tawaran iklan dari produk-produk tertentu. Intinya harus kreatif dan mampu menghasilkan karya foto unik, indah dan menarik.

4. Tour Guide

cara menghasilkan uang dari tour guide

Kalau kamu adalah tipe orang yang mudah bersosialisasi, tour guide adalah profesi yang kamu bisa lirik. Karena semua daerah sudah pernah kamu kunjungi berkat hobi traveling ini tentunya akan sangat mudah menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan objek wisata atau budaya setempat kepada orang-orang, apalagi jika ditambah kamu menguasai bahasa asing. Dari profesi ini, kamu akan mengenal banyak orang asing yang tentunya akan semakin memperlancar kemampuan kamu berkomunikasi. Yang menjadi poin adalah bagaimana kamu bisa berbaur dan tingkat wawasanmu mengenai objek wisata yang akan kamu kunjungi. Seru banget dong bisa berjalan-jalan, mendapatkan banyak teman sekaligus mendapatkan uang?

5. Pramugari atau Pramugara

menghasilkan uang dari hobi traveling menjadi pramugari

Profesi ini juga bisa ditekuni oleh mereka yang punya hobi traveling karena menjadi pramugari atau pramugara berkesempatan keliling Indonesia atau luar negeri sesuai dengan rute pesawat yang dilalui. Namun profesi ini tidak bisa dilakoni oleh sembarang orang karena dibutuhkan kecerdasan, penampilan fisik dan kesehatan jasmani rohani untuk modal melamar kerja sebagai crew pesawat terbang.

6. Seller Barang Import

seller barang import untuk menghasilkan uang dari traveling

Jika kamu punya hobi traveling ke luar negeri maka sambilan sambil menjual item unik dan menarik yang tidak dijual banyak orang bisa kamu lakoni. Sambil travelling, kamu bisa juga menjalankan bisnis online shopping. Kedengeranya asyik kan? Banyak orang yang ingin membeli barang barang unik yang hanya bisa ditemukan di luar negeri. Tentunya ribet dan memakan biaya banget dong kalau harus membeli dari luar negeri langsung lalu menggunakan ongkos kirim yang pastinya tidak murah. Kalau kamu berlibur ke luar negeri dan menemukan barang unik dan lucu yang jarang ditemukan di Indonesia, kamu bisa membeli beberapa lalu menjualnya kembali di Indonesia. Kamu bisa memulai menawarkannya ke teman-teman dekatmu dan meminta testimonial mereka untuk menjadi bekal membuka online shop agar semakin banyak pelanggan yang percaya dan memesan barangmu. Keren kan?

7. Host Travelling di TV

host acara travel untuk menghasilkan uang

Kalau kamu memiliki penampilan dan bakat yang menarik tampil di depan layar, maka profesi sebagai host travelling cocok juga dilakoni. Kamu bisa melamar program di acara televisi yang bertema travelling. Banyak kok acara televisi yang kini merambah dunia traveling. Selain mendapatkan uang dan berjalan-jalan, kamu juga bisa berkesempatan menjadi selebriti yang dikenal banyak orang.

Semoga artikel cara menghasilkan uang dari hobi traveling ini bisa menambah semangat kamu untuk terus melanjutkan hobi travelling kamu.

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar