Silakan simak info 5 pilihan wisata kebun binatang di Bali untuk Anda yang ingin rekreasi bersama keluarga terutama anak-anak. Wisata kebun binatang merupakan opsi yang menarik untuk menikmati liburan bersama anak-anak karena selain untuk mengisi waktu liburan mereka agar tidak bosan juga sekaligus bisa memperkenalkan beraneka ragam satwa dari bermacam spesies yang ada di alam dalam satu wahana. Sehingga sangat bermanfaat dan tentunya tidak membosankan. Dimana sajakah lokasi wisata kebun binatang di Bali? Berikut informasinya!

  1. Bali Safari & Marine Park

Pilihan Wisata Kebun Binatang di Bali - Taman Safari Bali

Dikenal juga dengan nama Taman Safari Bali, kebun binatang ini menyediakan tempat bagi satwa liar menyerupai habitat aslinya. Tempat ini dibangun dengan arsitektur yang memadukan kebudayaan masyarakat Bali dan sangat cocok dikunjungi oleh orang-orang dari semua kalangan usia. Taman Safari Bali merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam mengelola kebun binatang. Ada beragam jenis satwa langka yang berasal dari 3 negara yaitu Indonesia, India dan Afrika di kebun binatang ini. Semuanya terdiri dari sekitar 60 species dan 400 ekor satwa langka yang berasal dari Indonesia seperti Jalak Putih, Burung Hantu, Tapir, Buaya, Babi Rusa dan Harimau Sumatra. Jika berkesempatan berkunjung ke Bali jangan sampai melewatkan kunjungan ke kebun binatang ini karena Taman Safari Bali menyediakan pengalaman safari terbaik untuk Anda beserta keluarga.

  1. Bali Zoo

kebun binatang bali zoo

Kebun binatang yang berlokasi di Kabupaten Gianyar ini memiliki luas sekitar 12 hektar yang sanggup menampung beragam satwa dari berbagai wilayah di Indonesia. Kebun binatang ini dihuni oleh kurang lebih 100 jenis species satwa langka, yaitu jenis mamalia, reptil dan burung. Untuk binatang jenis mamalia di sini ditampilkan bervariasi mulai dari jenis primata, rusa, onta, kanguru serta macan Sumatra. Sejumlah binatang buas juga ada di kebun binatang ini sepertu harimau, buaya dan ular namun Anda tidak perlu khawatir karena mereka ditempatkan di area khusus yang diberi pagar sehingga tidak membahayakan pengunjung. Burung tropis terkenal seperti kasuari, merak, kakatua, serta jenis burung langka yang di lindungi yaitu jalak Bali juga ada di kebun binatang Bali Zoo Park. Untuk jenis binatang melata seperti reptil, diantaranya adalah komodo (kadal terbesar yang hanya ditemukan di Indonesia) berasal dari Pulau Komodo, iguana, ular hijau dan phyton. Tempatnya yang luas dan dengan harga tiket Bali Zoo Park yang terjangkau akan membuat pengunjung nyaman sambil merasakan kawasan hutan sesungguhnya.

  1. Bali Bird Park

kebun bianatang bali bird park

Pilihan Wisata Kebun Binatang di Bali selanjutnya yaitu Bali Bird Park. Dari namanya Anda tentunya sudah bisa menebak jika kebun binatang ini menawarkan pengunjung keanekeragaman species burung. Berlokasi di Singapadu Gianyar, Taman Bali Bird Park yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini mampu menampung sekitar seribu jenis burung dari 250 species yang berbeda berasal dari Indonesia, Afrika dan bahkan Amerika Selatan. Selain burung Anda bersama keluarga juga bisa berkeliling melihat berbagai jenis tanaman tropis yang jumlahnya sekitar 2000 jenis tersebar di area kebun binatang ini. Salah satu jenis burung langka yang menjadi icon Pulau Bali yaitu Burung Jalak Bali juga ada di tempat ini. Selain melihat burung Anda juga bisa melihat proses pengembangbiakan burung mulai dari telur hingga proses pemberian makan. Sangat mengedukasi terutama untuk anak-anak.

  1. Pulau Penyu

kebun binatang turtle island bali

Dikenal juga dengan nama Turtle Island, Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata kebun binatang sesuai dengan fungsinya yaitu tempat penangkaran satwa penyu yang kini keberadaanya semakin langka di Bali. Pulau Penyu ini terletak di bagian selatan Bali berdampingan dengan lokasi watersports terbesar di Bali yaitu Tanjung Benoa. Untuk bisa mencapai pulau yang terbilang kecil ini Anda harus menggunakan kapal boat atau glass bottom boat yang dioperasikan pihak penyedia watersport di Tanjung Benoa. Anda akan menyusuri lautan di sekitar Tanjung Benoa menuju Pulau Penyu sambil menikmati biota laut yang terlihat jelas dan indah dari kapal boat yang memiliki kaca tembus pandang pada bagian bawahnya. Di Pulau Penyu sendiri Anda bisa melihat sejumlah satwa yang unik dan langka seperti penyu, burung, ular, monyet, iguana dan juga kelelawar. Anda akan diberikan penjelasan dari pemandu lokal tentang pengembangbiakan penyu dan kehidupan penyu sesungguhnya. Sangat seru dan menarik.

  1. Bali Butterfly Park

taman kupu-kupu tabanan bali

Pilihan Wisata Kebun Binatang di Bali selanjutnya yaitu Taman Kupu-kupu Bali atau Butterfly Park yang berlokasi di Wanasari, Tabanan sekitar 5 kilometer utara Kota Tabanan jurusan Gunung Batukaru. Taman ini sengaja dibuat untuk melestarikan binatang mungil yang memiliki sayap indah ini. Saat ini memang di kota-kota besar sudah sangat jarang meilhat kupu-kupu karena pesatnya pembangunan yang menyebabkan habitat satwa ini menjadi punah. Untuk melestarikan keberadaan kupu-kupu ini, mereka ditangkar di sebuah tempat dengan dilindungi jarring-jaring di sekitar tempat penangkaran untuk diberikan kesempatan hidup dan berkembang biak. Pengunjung akan menikmati kupu-kupu beterbangan diantara kebun bunga yang indah dan menawan. Berkunjung ke sini, pengunjung tidak hanya bisa menemukan kupu-kupu tetapi juga serangga, kalajengking, tarantula dan berbagai kumbang lainnya.

Ayo, tunggu apalagi, ajak keluarga Anda untuk rekreasi ke kebun binatang dengan mengunjungi 5 pilihan wisata kebun binatang di Bali tersebut. Selamat berkunjung ke kebun binatang!

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar