Jakarta merupakan ibu kota yang selalu dipadati oleh aktivitas warga sejak dini hari sampai dengan malam hari. Dengan segala macam kegiatan atau kesibukan yang terjadi di Jakarta tentunya warga setempat sangat membutuhkan yang namanya resfreshing untuk menghilangkan kepenatan. Ada banyak ide liburan weekend untuk warga Jakarta tanpa harus pergi jauh meninggalkan ibu kota. Warga bisa memilih destinasi berlibur yang tidak menyita banyak waktu sehingga kelelahan saat menjalani liburan pun bisa diminimalisir.

Berlibur tentu dapat menyegarkan tubuh dan pikiran, menjaga agar kamu tetap semangat, tetap bergairah dan pikiran kembali segar. Nah, bagi warga Jakarta yang ingin mengisi akhir pekan dengan liburan tidak perlu bingung karena ada banyak ide yang bisa dilaksanakan di Jakarta, mulai dari wisata alam hingga buatan, hiburan bernuansa modern yang cocok untuk nongkrong, destinasi historis/sejarah, wisata kuliner, budaya hingga wisata belanja bagi warga yang suka mengoleksi barang-barang antik atau unik. Tempat liburan di Jakarta bisa dibilang banyak hanya saja masyarakat Jakarta terkadang bosan jika berkunjung ke tempat yang sama berulang-ulang.

Berikut ini ulasan 10 ide liburan weekend untuk warga Jakarta dengan mengunjungi sejumlah tempat menarik seputaran Jakarta dan sekitarnya.

1. Sukabumi

sukabumi Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Terletak sekitar 120 kilometer dari Jakarta, Sukabumi menawarkan tempat wisata yang alami karena keberadaan wilayahnya yang dikeliling pegunungan. Udara yang segar dan sejuk merupakan salah satu hal yang dicari warga Jakarta untuk merefresh pikiran. Objek wisata yang bisa dikunjungi di Sukabumi antara lain Situ Sukarame, Goa Buniayu, Situ Gunung, Arung Jeram Sungai Citarik, Pantai Cimaja, Geopark Ciletuh.

2. Cirebon

cirebon Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Cirebon tidak hanya terkenal dengan wisata religinya saja karena sejumlah objek wisata menarik yang berkaitan dengan keindahan alam dan kuliner juga tersedia seperti Situ Sedong, Cikalahang, Ciwaringin, Banyu Panas Palimanan, Plangon, Situ Patok, dll. Cirebon yang letaknya berada di jalur pantura membuatnya sangat mudah dicapai dari kota Jakarta baik dengan kendaraan pribadi maupun kereta api.

3. Tangerang

tangerang Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Tangerang juga bisa menjadi destinasi wisata warga Jakarta untuk yang suka budaya dan kuliner. Pasar Lama bisa menjadi salah satu tujuan yang menarik, dimana terdapat sebuah Kelenteng tertua di kota Tangerang yang bernama Kelenteng Boen Tek Bio. Untuk menuju Tangerang cukup hanya berkendara dengan sepeda motor agar lebih leluasa dalam menjelajah kota. Tempat lainnya yang dapat kalian kunjungi yakni Sungai Cisadane, Bendungan Sangego, Taman Makan Pahlawan Taruna, Museum Benteng Heritage serta Mesjid 1000 Pintu.

4. Bogor

bogor Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Bogor merupakan salah satu yang terfavorit menjadi ide liburan pas weekend penduduk Jakarta karena selain jaraknya yang cukup dekat dengan ibukota yang hanya sekitar 60 kilometer, Bogor juga memiliki sejumlah objek wisata yang menarik seperti Puncak, Kebun Raya Bogor, Kebun Strawberry, Taman Safari, Taman Bunga Mekar Sari serta Kebun Binatang Taman Safari. Objek wisata air terjun dan rekreasi menegangkan seperti Paralayang juga tersedia di Bogor.

5. Bandung

bandung Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Walapun sudah terlalu mainstream, Bandung ternyata masih yang terfavorit bagi warga Jakarta untuk berlibur. Hampir semua objek wisata yang ada di Bandung didominasi oleh wisatawan asal Jakarta. Tidak bisa dipungkiri keistimewaan Bandung karena sepanjang waktu terus melahirkan destinasi wisata baru yang menarik serta kreatif yang berhubungan dengan alam dan kuliner. Destinasi wisata di Bandung seperti Kawah Putih Ciwidey, Gunung Tangkuban Perahu, Trans Studio Bandung, Curug Dago, Pasar Baru, Air Panas Ciater dan masih banyak lagi destinasi liburan lainnya.

6. Belitung

belitung Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Ternyata ide liburan weekend ke Belitung bisa banget dilakukan warga Jakarta tapi khusus yang memiliki dana lebih karena perjalanan harus menggunakan pesawat. Untuk menuju ke Kota Tanjung Pandan yang menjadi pintu masuk untuk menjelajah kepulauan Belitung, terdapat pesawat Citilink paling pagi pukul 05:55 dari Jakarta yang bisa dipilih di hari Sabtu atau pukul 06:20 oleh Sriwijaya Air dari untuk tiba di Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin. Usai menempuh perjalanan sekitar satu jam, wisatawan bisa mulai menjelajah lokasi wisata seperti Rumah Adat Belitung, Danau Kaolin, Replika SD Muhammadiyah Gantung, Museum Kata Andrea Hirata, Pantai Tanjung Kelayang, Sejumlah Pulau serta wisata kuliner. Kepulangan dapat dilakukan pada hari Senin dengan pesawat paling pagi pukul 07:30 dari Maskapai Citilink atau 07:50 dari Maskapai Sriwijaya Air.

7. Taman Impian Jaya Ancol

ancol Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Ancol merupakan tempat rekreasi favorit yang populer di Jakarta. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, apalagi didukung dengan lokasinya yang strategis. Menyediakan beragam wahana yang menarik seperti Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi atau Sea World yang disukai Dewasa dan anak-anak. Adapun tiket masuk pintu gerbang Ancol adalah sebesar Rp 25 ribu serta tarif masuk kendaraan Rp 20 ribu (mobil) atau motor Rp 15 ribu (Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu).

8. Monumen Nasional (Monas)

tugu monas Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Siapa yang tidak kenal dengan Monas, ikon Ibu Kota Jakarta? Monas merupakan sebuah bangunan dengan puncak tertinggi di Jakarta. Dari puncak Monas, pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan Kota Jakarta, bercengkrama dengan keluarga serta melihat atraksi/hiburan menarik setiap Minggu. Untuk menikmati Monas seutuhnya bisa dengan cara naik ke atas puncak namun sebelumnya harus membeli tiket masuk dengan harga 15.000 – 20.000 (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

9. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tmii Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan tempat wisata populer yang bertemakan kebudayaan. Para pengunjung bisa menikmati anjungan 34 Provinsi yang menyediakan berbagai informasi tentang adat dan budaya dari Sabang sampai Merauke. Tentu sangat menarik bukan bila bisa mengelilingi Indonesia dalam sehari dengan harga yang relatif terjangkau terutama bersama keluarga.

10. Kebun Binatang Ragunan

ragunan Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Ragunan adalah salah satu destinasi wisata di Jakarta yang mendominasi wisata khas kebun binatang. Disini para pengunjung bisa merasakan suasana seperti berada di tengah hutan yang tertata dengan rapi dan bersih. Sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak serta dewasa yang ingin melihat langsung binatang mulai dari yang jinak hingga buas.

11. Setu Babakan

setu babakan Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Setu Babakan ini termasuk salah satu tempat wisata Jakarta murah meriah dimana dengan merogoh kocek 10.000 rupiah (Harga sewaktu-waktu bisa berubah) para pengunjung sudah bisa bermain air plus menaiki sampan bersama keluarga tercinta. Setu Babakan terletak di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Buat warga Jakarta yang ingin mengenal budaya Betawi, Setu Babakan merupakan salah satu tempatnya.

12. Kota Tua Batavia

batavia Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Objek wisata di Jakarta selanjutnya yang cukup dekat di dalam kota yaitu Kota Tua Batavia yang merupakan tempat wisata sejarah yang sampai saat ini tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan. Kamu bisa mengenal dan merasakan suasana tempo doloe dari Kota Jakarta yang dahulunya bernama Batavia ini. Batavia sangat cocok buat pengunjung yang ingin mengenal sejarah kota Jakarta.

13. Pasar Tanah Abang

tanah abang Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Warga Jakarta pastinya sudah akrab dengan pasar ini terutama bagi warga yang suka wisata belanja karena selain harganya yang terkenal murah juga karena style fashionnya yang selalu update. Pasar Tanah Abang ini telah di buka sejak 1735. Pasar Tanah Abang merupakan pusat perdagangan tekstil utama ke berbagai wilayah di Indonesia dan juga Asia serta dunia. Banyak sekali barang yang dijual dengan harga murah dan grosiran yang cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh atau dijual lagi seperti butik, sepatu, busana muslim, germent, spray kasur, celana jeans, batik, pakaian bayi dan masih banyak lagi. Pasar Tanah Abang merupakan salah satu tempat wisata yang murah meriah di Jakarta.

14. Pulau Tidung

pulau tidung Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Tidung merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini masih dalam wilayah DKI Jakarta dan dapat menjadi salah satu alternatif wisata pantai selain Pantai Ancol. Pulau Tidung sendiri sebenarnya terdiri dari 2 pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan salah satu pulau terbesar diantara pulau-pulau lain di kepulauan seribu. Sedangkan Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni. Pulau Tidung merupakan tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, memiliki garis pantai yang begitu teduh dan asri. Pulau Tidung menawarkan berbagai wahana air menarik seperti Jet Sky, Water Sport, Olahraga Kano dan Banana Boat. Wisata air favorit untuk liburan bersama keluarga.

15. Pecinan Glodok

pecinan glodok Ide Liburan Weekend Untuk Warga Jakarta

Salahsatu dari sekian tempat memiliki cita rasa masa lalu yang kuat dan berkaitan erat dengan sejarah Jakarta adalah Glodok. Glodok merupakan sebuah kawasan pecinan atau dikenal juga sebagai China Town dalam kamus internasional. Kawasan Pecinan sendiri hampir selalu terdapat di negara-negara besar di seluruh dunia. kawasan pecinan merupakan titik konsentrasi bagi para etnis Tionghoa masa lalu ketika merantau dan mendiami sebuah lokasi. Pecinan Glodok bisa menjadi ide liburan weekend masyarakat Jakarta yang ingin beriwsata budaya dan kuliner. Para pengunjung dapat menikmati kebudayaan Cina dan berburu makanan khas Cina yang sudah terkenal cita rasanya. Pecinan Glodok juga terkenal sebagai pusat belanja elektronik yang murah dan lengkap.

Punya ide liburan menarik untuk warga Jakarta pas weekend? Silakan bisa dishare di kolom komentar 😉

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar