Selain wisata pantai, Bali juga memiliki tempat wisata air terjun yang tidak kalah cantiknya dengan pemandangan pantai. Sebagaian besar objek wisata air terjun di Bali berada di Kabupaten Buleleng yang banyak memiliki kawasan perbukitan dan juga aliran sungai yang jernih. Namun sejumlah kabupaten di Bali juga memiliki objek wisata air terjun yang tersebar di beberapa tempat seluruh Bali. Berikut ini 10 tempat wisata air terjun di Bali yang wajib dikunjungi jika kamu penyuka wisata alam.

1. AIR TERJUN GITGIT
Objek wisata air terjun gitgit merupakan objek wisata yang berada di daerah pegunungan Gitgit di Bali Utara yang terletak di Kabupaten Buleleng. Banyak wisatawan yang mendatangi objek wisata air terjun ini karena keindahan dan keasrian tempatnya. Untuk menjangkau air terjun Gitgit ini dari Denpasar menempuh waktu sekitar 2 jam dengan jarak kurang lebih 80 kilometer. Lokasi air terjun Gitgit tidak terlalu jauh dengan jalan raya yang menghubungkan Denpasar – Bedugul dan Kota Singaraja. Jadi saat berkunjung ke Air Terjun Gitgit wisatawan juga akan bisa menikmati keindahan alam Bedugul dengan danaunya yang indah serta Kebun Raya-nya yang sejuk.
rekreasi air terjun gitgit vokamo

2. AIR TERJUN NUNGNUNG
Objek wisata Air Terjun Nungnung terletak di Banjar Nungnung, Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Lokasinya berjarak sekitar 40 kilometer dari Denpasar atau sekitar satu setengah jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini karena kesejukan dan keasrian tempatnya serta airnya yang sangat jernih. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun dari parkiran memerlukan tenaga yang lumayan karena harus menuruni ratusan anak tangga, namun kelelahan wisatawan akan terobati dengan indahnya pemandangan Air Terjun Nungnung dari dekat.
rekreasi air terjun nungnung vokamo

3. AIR TERJUN TEGENUNGAN
Lokasi lengkap air terjun ini berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Dari Denpasar menuju objek wisata ini cukup ditempuh dengan jarak sekitar 16 kilometer atau sekitar 30 menit jika menggunakan sepeda motor. Air Terjun Tegenungan merupakan objek wisata alam yang paling dekat dengan Kota Denpasar memiliki air yang bersih dan bening jika tidak sedang musim hujan, karena pada saat musim hujan airnya akan menjadi keruh. Aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Tegenungan antara lain mengobrol sambil duduk santai di atas batu dan pondok-pondok kecil untuk menikmati indahnya air terjun dan mendengar suara jatuhnya air ke sungai, bisa juga mandi atau sekedar bermain-main air dan tentu saja berfoto ria untuk mengabadikan momen-momen indah.
rekreasi air terjun tegenungan vokamo

4. AIR TERJUN DUSUN KUNING
Objek wisata air terjun dusun kuning ini berada di Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Air terjun ini berada di ketinggian sekitar 25 meter di atas permukaan Sungai yang dikenal dengan nama Sungai Melangit. Jika dari Kota Denpasar bisa langsung menuju Desa Taman Bali yang berjarak 3 kilometer dari Kota Bangli. Mulai dari Desa Taman Bali perjalanan menuju lokasi air terjun bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 500 meter melalui jalan kecil yang elok serta hamparan perkebunan cengkeh. Lokasinya yang agak terpencil dan tersembunyi menyebabkan objek wisata ini belum terlalu ramai dikunjungi penikmat wisata alam dan karenanya suasana dan kondisi air terjun itu sendiri masih asri, alami dan cantik. Selain disuguhkan pemandangan alami air terjun, objek wisata ini juga memiliki atraksi lain berupa keberadaan ratusan kera yang selalu menghibur para pengunjung yang datang.
rekreasi air terjun dusun kuning vokamo


5. AIR TERJUN BLEMANTUNG
Air Terjun Blemantung atau Pujungan berada di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Jika dari Kota Denpasar perjalanan akan memerlukan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat. Perjalanan menuju air terjun Blemantung ini cukup menyenangkan karena para pengunjung dapat melihat panorama alam pedesaan yang indah dan menawan dengan hamparan perkebunan kopi. Air Terjun Pujungan atau disebut juga Air Terjun Blemantung berada di ketinggian sekitar 25 meter di atas sungai yang mengalir di bawahnya. Suasana objek wisata yang masih asri dan alami ditambah dengan udaranya yang sejuk akan membuat pengunjung betah berlama-lama berada di tempat ini. Dekat dengan lokasi Air Terjun Blemantung terdapat juga objek wisata Pura Malen yang berada tepat di bawah kaki Gunung Batukaru.
rekreasi air terjun blemantung vokamo

6. AIR TERJUN JEMBONG
Objek wisata Air Terjun Jembong berada di dataran miring yang letaknya di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Lokasi air terjun ini kurang lebih 65 kilometer dari Kota Denpasar atau sekitar 8 kilometer dari Objek Wisata Air Terjun Gitgit yang masih berada di wilayah Kabupaten Singaraja. Berbeda dengan kebanyakan air terjun yang berada di tebing tinggi yang berdiri tegak, Air Terjun Jembong mengalir di dataran yang miring dengan derajat kemiringan sekitar 75 derajat. Sedikit unik dan di bawahnya terdapat kolam dengan airnya yang sangat jernih dan sejuk dengan kedalaman sekitar satu meter untuk pengunjung berendam atau bermain air. Untuk mencapai lokasi Air Terjun dari parkiran tidaklah harus bersusah payah naik turun tangga karena pengunjung cukup melakukan pendakian kecil di jalan setapak berbatu diantara hamparan perkebunan coklat di pinggir sungai kecil.
tempat wisata air terjun jembong vokamo

7. AIR TERJUN ALING-ALING
Objek wisata Air Terjun Aling-aling terletak di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Lokasinya kurang lebih 80 kilometer dari Kota Denpasar dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2,5 jaman dengan menggunakan kendaraan roda empat. Air Terjun Aling-aling merupakan salah satu objek wisata yang favorit di Kabupaten Buleleng karena potensi keindahan dan kealamian daerahnya serta lokasinya yang berdekatan dengan pusat keramaian Kota Singaraja. Air terjun yang sangat indah ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi serta pepohonan yang hijau. Dari puncak tebing air mengucur dengan deras dan pecah menjadi dua serta membentuk dua air terjun dengan debit air yang berbeda. Di bawah Air Terjun Aling-aling ini terdapat cekungan atau kolam yang cukup dalam untuk para pengunjung mandi namun mohon berhati-hati karena bebatuannya yang licin.
obyek wisata air terjun aling-aling vokamo


8. AIR TERJUN JUWUK MANIS
Objek wisata Air Terjun Juwuk Manis ini terletak Dusun Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana . Lokasinya berada sekitar 75 kilometer dari Kota Denpasar atau sekitar 2,5 jaman jika ditempuh dengan kendaraan roda empat. Dari lokasi parkir untuk bisa mencapai lokasi air terjun para pengunjung harus berjalan kaki menempuh jarak sekitar satu kilometer melewati jalan setapak yang cukup curam diantara perkebunan kopi dan cengkeh milik penduduk setempat. Walaupun tinggi Air Terjun Juwuk Manis hanya empat meter namun airnya sangat jernih dan segar. Uniknya air terjun ini terdiri dari dua air terjun kecil yang berdampingan. Pada bagian bawah air terjun terdapat kolam yang berukuran sedang untuk para pengunjung mandi ataupun bermain air.
tempat wisata air terjun juwuk manis

9. AIR TERJUN LES
Air Terjun Les sering juga disebut Air Terjun Yeh Mampeh dan terletak Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, sekitar 38 kilometer dari kota Singaraja. Air terjun ini berada di antara perbukitan Yangudi dan Bukit Pungsu, Buleleng bagian timur. Jika dari Kota Denpasar berjarak sekitar 95 kilometer dan dapat ditempuh dengan kendaraan dengan waktu kurang lebih 2,5 jaman. Air Terjun Les merupakan air terjun bertingkat terdiri dari tiga tingkat dimana tingkat paling bawah memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Untuk dua tingkat diatasnya jarang dikunjungi karena selain cukup tinggi medan untuk menuju kesana juga sangat terjal dan sulit dilalui. Sekitar lokasi air terjun juga terdapat mata air yang diberi nama Toya Anakan yang dipercayai masyarakat setempat sebagai mata air suci untuk keperluan upacara.
tempat wisata air terjun les

10. AIR TERJUN CARAT
Objek wisata Air Terjun Carat ini terletak di Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Singaraja. Lokasinya berada sekitar 85 kilometer dari Kota Denpasar atau 21 kilometer dari Kota Singaraja. Jalan masuk menuju Air Terjun Carat berada di jalan raya yang menghubungkan Kintamani dengan Singaraja. Diberi nama Carat karena bentuk air terjun ini yang menyerupai kendi atau caratan sebagai tempat air minum jaman dulu. Pada lokasi Air Terjun Carat terdapat dua air terjun yang kecil dan besar dimana letak air terjun yang besar berada di bawah air terjun kecil. Air terjun yang kecil memiliki ketinggian sekitar 15 meter sementara yang besar sekitar 100 meter. Masyarakat setempat percaya lokasi air terjun ini cukup angker karenanya dihimbau pengunjung yang berkunjung ke sana untuk tidak berkata-kata kasar atau melakukan hal-hal yang dapat merusak alam sekitar air terjun. Sayangnya pengunjung belum bisa mendekati lokasi jatuhnya air dan hanya bisa menikmati pemandangan air terjun dari kejauhan.
obyek wisata air terjun carat

Tertarik mengujungi salah satu lokasi air terjun di atas? Ayo isi waktu liburan kamu dengan rekreasi ke obyek wisata alam yang banyak tersebar di Pulau Dewata!

[sgmb id=1]

 

Share this :

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Komentar

komentar